Selasa, 28 Oktober 2014

Perjanjian kontrak


Karyawan kontrak tentunya terikat dengan perjanjian kontrak. Perjanjian kontrak termasuk perjanian kerja untuk waktu tertentu sebagaimana diatur dalam pasal 56 s/d  59 Undang-undang Nomor  13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Dari  pasal-pasal tersebut, ada beberapa ayat yang kami  kutip  untuk mandapatkan perhatian yaitu :

   1.    Perjanjian kerja waktu tertentu tidak dapat mensyaratkan adanya masa percobaan kerja (Pasal 58 ayat         1).

2.       Dalam hal disyaratkan masa percobaan kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat 1,masa percobaan kerja yang disyaratkan batal demi hukum  ( Pasal 58 ayat 2).
3.       Perjanjian kerja waktu tertentu  hanya dapat dibuat untuk pekerjaan tertentu yang menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai dalam waktu tertentu (Pasal 59 ayat 1).
4.       Perjanian kerja untuk waktu tertentu tidak dapat diadakan untuk pekerjaan yang bersifat tetap (Pasal 59 ayat 2).

5.       Perjanjian kerja waktu tertentu dapat diperpanjang atau diperbaharui (Pasal 59 ayat 3).
6.       Perjanjian kerja waktu tertentu yang didasarkan atas jangka waktu tertentu dapat diadakan untuk paling lama 2(dua) tahun dan hanya boleh diperpanjang 1(satu) kali untuk jangka waktu paling  lama 1(satu) tahun ( Pasal 59 ayat 4).

7.       Pengusaha yang bermaksud memperpanjang perjanjian kerja waktu tertentu tersebut,paling lama 7(tujuh) hari sebelum perjanjian kerja waktu tertentu berakhir telah memberitahukan maksudnya secara tertulis kepada pekerja/buruh yang bersangkutan (Psal 59 ayat 5).

8.       Pembaruan perjanjian kerja waktu tertentu hanya dapat  diadakan setelah melebihi masa tenggang waktu 30(tiga puluh ) hari berakhirnya perjanjian kerja waktu tertentu yang lama ,pembaruan perjanjian kerja waktu tertentu ini hanya boleh dilakukan 1(satu) kali dan paling   lama 2(dua) tahun (Psal 59ayat 6).

9.       Perjanjain kerja waktu tertentu yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 s/d 6 maka batal demi hokum dan menjadi perjajian kerja waktu tidak tertentu(Pasal 59 ayat 7).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar